Striker Timnas Indonesia U-19 Naik Meja Operasi

By ommed


nusakini.com - Setelah timnas Indonesia U-19 menyelesaikan kiprah mereka pada Piala AFF U-19 2022, Ronaldo Kwateh harus naik meja operasi beberapa hari kemudian.

Timnas U-19 menjalani laga terakhir mereka di Grup A pada Minggu, 10 Juli, dengan membantai Myanmar 5-1. Sayangnya hasil tersebut tak cukup membuat Indonesia lolos ke semi-final.

Ronaldo pun menjalani operasi pada 12 Juli, dengan pengawasan tim dokter PSSI yang dipimpin Syarif Alwi. Cederanya terdapat pada area wajah, dan operasi berjalan lancar.

“Ronaldo mengalami cedera di hidungnya saat melawan Myanmar pada laga terakhir Grup A di Stadion Patriot, Bekasi. Alhamdulillah operasi lancar dan kini sedang dalam tahap pemulihan,” kata Syarif, dikutip laman resmi PSSI.



Diharapkan pemulihan pasca operasi berjalan dengan mulus sehingga Ronaldo bisa gabung dengan klubnya, Madura United, yang bersiap menatap Liga 1 2022/23.

Mochamad Iriawan selaku ketua umum PSSI, memberikan dukungan penuh kepada Ronaldo untuk segera pulih. Striker yang pernah gabung Diklat Persib ini jadi pemain penting untuk timnas Indonesia di level junior, bahkan ikut serta di senior.

“Tunggu sampai benar-benar sembuh. Saya tahu Liga 1 sebentar lagi akan bergulir dan Ronaldo pasti dibutuhkan oleh klubnya. Ronaldo ini masa depannya masih panjang. Dia juga dibutuhkan saat Piala Dunia U-20 tahun depan,” ucap Iriawan.

Sebelum Ronaldo, pemain timnas U-19 lainnya juga mendapat cedera pada Piala AFF U-19. Dia adalah Marselino Ferdinan, yang dikonfirmasi PSSI harus menepi selama kurang lebih dua bulan.

"Iya setelah menjalani pemeriksaan hasilnya Marselino mengalami ruptur partial ototnya cukup dalam dengan panjang 10 sentimeter dan lebar 1,7 sentimeter. Ini akan membutuhkan waktu sembuh sekitar 1-2 bulan," tutur Syarif beberapa waktu lalu. (gi/om)